Fakta Unik tentang Sejarah Patung Moai Dipulau Paskah yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Unik tentang Sejarah Patung Moai Dipulau Paskah yang Perlu Kamu Ketahui

Daftarpeninggalandunia.web.id –¬†Di dunia ini ada banyak misteri yang masih belum bisa dipecahkan, termasuk ratusan patung megalit berukuran masif yang tersebar di Pulau Paskah (Easter Island). Pulau Paskah sendiri merupakan sebuah pulau di wilayah polinesia yang terletak di Samudera Pasifik dan masuk dalam teritori negara Chili pada 1888, patung Moai merupakan patung ‘monolitis’ atau dipahat dari satu buah batu saja.

Meski demikian, ada sejumlah patung yang memliki tambahan terpisah dari batu Pukau di bagian kepalanya. Hingga kini pun, masih belum diketahui secara pasti bagaimana patung Moai diangkut, tetapi proses tersebut pasti memerlukan kerekan atau/dan kayu gelondongan. Kemegahan dan kemisteriusan patung Moai inilah yang membuat Pulau Paskah terkenal di seluruh dunia.

Tak cuma ilmuwan dan peneliti yang datang ke Pulau Paskah, tapi juga sejumlah traveler tergoda untuk menjelajahinya. Di balik kemisteriusannya, ternyata ada sejumlah fakta yang menarik tentang Patung Moai.

Kamu bisa simak deretannya berikut,

1. Patung-patung ini dikenal dengan nama Moai dan dipahat oleh orang-orang Rapa Nui di suatu periode antara tahun 1250 dan 1500 M.

2. Pada awalnya mungkin yang terlihat adalah keseluruhan patung tersebut berbentuk kepala.

Tapi arkeolog memutuskan untuk menggali dan menemukan ada bagian tubuh yang utuh menempel dengan kepala tersebut.

3. Patung-patung ini sangat tinggi dan besar.

Baca Juga : Fakta Mengenai Sejarah Batu Stonehenge

Bentuk patung sempurna tertinggi yang digali memiliki tinggi 33 kaki (10 meter) dan beratnya mencapai 82 ton.

4. Ada sebuah patung lain yang digali dan ditemukan dalam keadaan tidak lengkap.

Sesuai perhitungan ilmiah, ukuran badannya bisa mencapai tinggi 21 kaki dan berat 270 ton jika pembuatannya diselesaikan.

5. Karakter yang luar biasa dari semua patung adalah kesemuanya memiliki kepala yang berukuran sangat besar.

Yakni mencapai porsi sekitar 3/8 dari ukuran total setiap patung.

6. Patung Pulau Paskah semua dikenal dengan karakteristik wajah mereka yang menonjol.

Dengan bentuk hidung yang lebar dan memanjang, telinga segi empat, dagu kuat dan celah mata yang dalam adalah ciri-ciri utama wajah Moai.

7. Lubang hidung yang memanjang memiliki sebuah fitur melengkung yang terlihat seperti kait ikan dan semua kepala memiliki alis yang sangat tebal.

8. Patung-patung Moai memiliki bagian leher yang tampak terpotong sehingga membuat garis rahangnya terlihat begitu menonjol.

Semua patung menampilkan torso yang berat sementara beberapa di antaranya memiliki klavikula atau tulang selangka yang samar-samar dibentuk.

9. Bagian lengannya dipahat dalam berbagai posisi terhadap bagian tubuh patung, dengan jari-jari panjang yang ramping dan tangan lurus di sepanjang pinggul.

10. Dari semua patung yang digali, hanya satu yang ditemukan berada dalam posisi berlutut.

Related posts