Mengenal Sejarah Tentara Terakota Dari China

Mengenal Sejarah Tentara Terakota Dari China

Daftarpeninggalandunia.web.id –¬†Tentara Terakota menjadi salah satu peninggalan paling menakjubkan di China. Ribuan patung yang terbuat dari tanah liat itu menyimpan misteri yang hingga saat ini masih terus diteliti oleh para ahli.

Tentara Terakota dibuat sebagai benda seni untuk pemakaman, yang dikuburkan bersama dengan kaisar pertama dinasti Qin, yaitu Qin Shi Huang. Ia meyakini bahwa para tentara itu akan mengikuti sang kaisar hingga ke akhirat, di mana mereka akan membatu Qin Shi Huang untuk membangun kerajaannya di sana.

Makam kaisar Qin Shi Huang disebut-sebut sebagai salah satu penemuan arkeologi terbesar abad ke-20. Sejarah mencatat, kasiar Qin Shi Huang merupakan kasiar pertama Dinasti Qin yang memimpin Tiongkok antara tahun 221 SM sampai 210 SM. Ia berperan penting pada penyempurnaan konstruksi bangunan Tembok Besar China.

Pada kompleks pemakaman itu terdapat kurang lebih 8000 patung yang menggambarkan sosok prajurit China lengkap dengan pakaian dan persenjataannya. Selain itu juga terdapat 130 kreta dengan 520 kuda, dan 150 pasukan kavaleri. Seluruh patung itu berdiri berjejer, membentuk barisan yang sangat rapi, di sepanjang makam.

Baca Juga : Fakta Unik tentang Sejarah Patung Moai Dipulau Paskah yang Perlu Kamu Ketahui

Patung-patung disusun dalam tiga lubang, yang terpisah oleh tembok besar. Salah satu hal yang menarik dari patung Tentara Terakota itu adalah bahwa seluruh patung tidak sama satu dengan yang lainnya. Setiap patung memiliki bentuk pakaian, ekspresi wajah, model rambut, hingga perlengkapan, yang berbeda. Pangkat militer setiap prajurit, seperti jenderal, perwira, dan prajurit biasa, dibedakan berdasarkan ukuran tubuhnya. Semakin tinggi ukuran patung tersebut, maka semakin tinggil pangkat militernya.

Menurut sejarawan, Sima Qian, pembangunan makam itu telah dimulai sekitar tahun 246 SM, ketika usia Kaisar Qin Shi Huang baru 13 tahun. Pembangunan patung dan kompleks pemakaman itu dilakukan oleh 700.000 pekerja selama bertahun-tahun lamanya.

Sejak ditemukan oleh beberapa petani lokal di wilayah Xian, Provinsi Shaanxi, pada 1974, penggalian di kompleks pemakaman itu masih terus dilakukan. Para arkeolog yang tergabung dalam tim peneliti di sana meyakini bahwa masih banyak patung dan artefak lain yang terpendam di kompleks pemakaman Kaisar Qin Shi Huang tersebut. Mereka pun belum dapat memastikan berapa total penemuan mereka di sana.

Related posts