Beberapa Tempat Bersejarah di Kanada

Beberapa Tempat Bersejarah di Kanada

Daftarpeninggalandunia.web.id – Kanada menjadi salah satu negara terluas di dunia yang berada di sebelah utara Amerika Serikat. Negara persemakmuran ini memiliki sejarah panjang dari salah satu koloni Perancis hingga diambil alih oleh Inggris pada abad ke 18. Selain itu terdapat penduduk asli seperti orang Eskimo, Inuit dan lainnya, yang membuat keberagaman budaya di Kanada, di samping imigran Eropa yang datang ke negara tersebut.

Keberagaman budaya di Kanada dibuktikan dengan banyaknya bangunan dan artefak unik dari percampuran kebudayaan asli dan pendatang Eropa yang hingga kini bermukim di Kanada. Bagi kamu yang tertarik dengan tempat bersejarah di Kanada, ada baiknya simak ulasan berikut ini.

1. L’Anse aux Meadows
L’Anse aux Meadows menjadi salah satu UNESCO Heritage Site sejak tahun 1978, di Kanada yang tepatnya berada di Provinsi Newfoundland, yang merupakan provinsi paling timur Kanada. Situs ini menjadi salah satu situs pendudukan dari Suku Norse dan Viking yang ditemukan di Amerika Utara, selain di Greenland. L’Anse aux Meadows memiliki arti bay of the grassland, di mana daerah ini tepat berada di area teluk sebelah utara Pulau Newfoundland.

2. L’Anse aux Meadows
Ninstints adalah situs arkeologi yang berada di Kepulauan Haida Gwaii, yang berada di utara Provinsi British Columbia. Ninstints berasal dari bahasa Inggris yang berarti perkampungan Suku Haida, yang merupakan suku asli yang menempati area antara Alaska dan Bristish Columbia. Tempat ini berada di selatan Pulau Anthony yang menjadi tempat koleksi Totem Poles dari Suku Haida terbesar dalam wilayah teritori suku tersebut.

3. Fortress of Louisbourg
Fortress of Louisbourg merupakan bangunan benteng yang terletak di Provinsi Nova Scotia, yang juga berada di sebelah timur Kanada. Benteng ini merupakan bangunan peninggalan Perancis di Pulau Cape Breton, yang dibangun pada abad ke 17. Bangunan ini diberi nama Louisbourg yang diambil dari Raja Louis XIV, serta menjadi bangunan paling luas dan mahal di Amerika Utara pada waktu itu.

4. Old Quebec
Salah satu tempat bersejarah lainnya adalah Old Quebec, yang merupakan kota tua di Kota Quebec, yang sudah menjadi Situs Budaya UNESCO sejak 1985. Tempat ini menjadi saksi dalam perbadaban Perancis di Amerika Utara, dengan banyaknya bangunan-bangunan tua cantik Perancis, abad ke 17.

Selain itu, tempat ini dibagi menjadi dua area, yakni Upper Town dan Lower Town, yang mana pada Upper Town, terdapat berbagai bangunan abad ke 19, sedangkan Lower Town diisi oleh bangunan dengan gaya Perancis abad ke 17 dan 18.

5. Fort Henry
Fort Henry termasuk dalam bangunan situs budaya UNESCO sejak tahun 2007 yang berlokasi di Kingston, Ontario. Benteng ini berada di percabangan antara Sungai St. Lawrence dan Cataraqui yang menghadap ke Danau Ontario.

Bangunan ini dibuat pada saat perang tahun 1812 untuk melindungi galangan kapal Inggris dari kemungkinan serangan Amerika Serikat usai Revolusi Amerika. Selain itu, benteng ini juga berfungsi untuk mengontrol perjalanan kapal dari Danau Ontario ke Sungai St. Lawrence.

Baca Juga : Beberapa Jejak Sejarah di Banda Neira

6. Old Town Lunenburg
Kota tua lain yang memiliki bangunan unik adalah Lunenburg, yang juga berada di Provinsi Nova Scotia. Kota yang hanya berpenduduk 2.245 orang tersebut memiliki desain arsitektur yang sangat unik dengan berbagai macam bentuk.

Kota yang masuk dalam Situs Budaya UNESCO, sejak tahun 1995 ini dibangun pada tahun 1753 oleh pemerintah kolonial Inggris yang masih mempertahankan bentuk layout dan kenampakannya berdasarkan grid persegi panjang.

7. Rideau Canal, Ottawa
Selanjutnya terdapat Rideau Canal yang merupakan kanal penghubung Ibukota Kanada tersebut dengan Danau Ontario. Kanal ini dibuat untuk tujuan militer setelah pecah perang antara Britania Raya dan Amerika Serikat pada tahun 1812, yang dibuka pada tahun 1832 hingga sekarang kanal ini masih digunakan untuk kapal boat. Bangunan air ini juga sudah masuk dalam UNESCO Heritage Site pada tahun 2007, menariknya pada saat musim dingin kanal ini dijadikan sebagai tempat ice skating.

8. Grand Pre
Terakhir terdapat Grand Pre yang juga salah satu tempat bersejarah di Nova Scotia, yang menjadi Situs Budaya UNESCO, sejak tahun 2012. Tempat ini sebelumnya adalah pusat dari Acadia, yakni sebuah koloni Perancis di Amerika Utara pada tahun 1682 hingga 1755. Bangunan ini terdiri dari Patung Evangeline dan Gereja yang dibangun oleh René-Arthur Fréchet, yang memiliki nilai seni tinggi dengan pemandangan sekitar yang sangat menawan.

Related posts