Beberapa Peninggalan Bangsa Romawi di Aljazair

Beberapa Peninggalan Bangsa Romawi di Aljazair

Daftarpeninggalandunia.web.id – Aljazair merupakan negara di Afrika Utara yang menjadi negara peringkat 10 terluas di dunia, yang mencapai 2,38 juta km persegi. Selain itu negara bekas jajahan Perancis ini sebelumnya juga pernah dikuasai oleh Kekaisaran Romawi dan Ottoman pada abad pertengahan. Tentunya terdapat berbagai macam bekas bangunan atau situs bersejarah mengenai kekaisaran terbesar di Eropa tersebut, yang masih tersisa hingga kini. Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai bentuk unik dari bangunan peninggalan Romawi tersebut, coba simak ulasan mengenai beberapa peninggalan bangsa romawi di aljazair berikut ini :

1. Timgad
Timgad merupakan kota tua yang berada di Pegunungan Aures, di mana terletak 35 km sebelah timur Kota Batna. Salah satu kota tua peninggalan Romawi terbesar ini menjadi salah satu UNESCO World Heritage Site yang ada di Aljazair, yang ditetapkan sejak tahun 1982.

Namun, peninggalan Kerajaan Romawi ini sudah banyak meninggalkan reruntuhan bangunan. Namun, terdapat beberapa bangunan yang masih utuh dengan atapnya dan kota tua ini diperkirakan sudah ditinggalkan pada tahun 7 Masehi.

2. Djemila
Djemila adalah situs peninggalan Romawi yang berlokasi di Provinsi Setit, terletak sebelah timur Aljazair. Selain itu kota tua ini juga disebut dengan Cuicul yang berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Tempat ini juga menjadi situs Romawi terbaik dengan berbagai bangunan yang masih utuh. Djemila juga sudah ditetapkan menjadi situs Cagar Budaya UNESCO sejak tahun 1982.

3. Tipasa
Tipasa terletak di utara Aljazair yang menghadap langsung ke Laut Mediterrania, yang merupakan kota tua peninggalan Romawi sekaligus menjadi Ibukota Provinsi Tipaza. Bangunan peninggalan Romawi di kota ini dijadikan sebagai salah satu Cagar Budaya UNESCO sejak tahun 2002. Bekas-bekas bangunan peninggalan Romawi di kota ini banyak berada di pesisir pantai yang menandakan sebuah kota tua dari Kerajaan Romawi.

Baca Juga : Beberapa Peninggalan Bangsa Moor di Spanyol

4. Roman Theater of Guelma
Roman Theater of Guelma merupakan salah satu bangunan peninggalan Romawi dan Byzantium yang berada di Provinsi Guelma, sebelah timur Aljazair, di mana sebelumnya merupakan kota tua Khamissa.

Bangunan ini merupakan teater dengan struktur yang sangat bangunan yang antik dan terawat. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah menarik yang ada di Aljazair, namun bangunan ini sempat dipugar pada abad ke-20.

5. Lambaesis
Terakhir terdapat situs arkeologi Lambaesis yang terletak di Tazoult, Provinsi Batna, tepatnya sebelah barat daya Kota Batna yang merupakan salah satu bangunan peninggalan Bangsa Romawi. Lambaesis terdiri dari beberapa bangunan sudah menjadi reruntuhan, tapi salah satu yang paling utuh adalah barack tentara dengan semua pilar dan bangunan yang utuh.

Related posts